assalamualaikum

Senin, 10 Oktober 2011

MSPE

1.MACAM-MACAM TITIK KONTAK DAN SAKLAR MANUAL
          Titik kontak jenis a.(normali open/NO) titik kontak ini sebelum bekerja dalam keadaan terbuka dan apabila bekerja maka titik kontak ini akan menutup sehingga mengalirkan arus listrik .
           Titik kontak jenis b.(normali close/NC)kontak ini dalam keadaan tertutup atau terhubung sehingga mengalirkan arus listrik.maka titik kontak akan terbuka sehingga akan terputus/ terhenti.
           Titik kontak jenis C(NO dan NC) titik kontak ini bekerja dgn prinsip kedua kontak  ini memiliki tiga buah titik kontak.bekerja salah satu kontak akn terhubung dgn kontak lain sedangkan kontak yang lain akn terbuka,kontak ini memiliki tiga buah titik kontak.
           DRUM SWICTH,saklar drum swicth adalah saklar yang mempunyai kontak seperti drumdengan posisi handle(TANGKAI) penggerak memutus dan menghubung berada di ujung drum swicth di gunakan pada motor listrik kecil sebagai penghubung motor listrik.
           CAM SWICTH(SAKLAR PUTAR CAM),Saklar ini adalah salah satu jenis dari saklar manual, cam swicth banyak digunakan dalam rangkaian utama pada rangkaian kontak misalnya untuk hubungan bintang segitiga, membalik putaran motor listrik 1 fasa atau motor listrik 3 fasa.    
           PUSH BUTTON,Push buttonmerupakan suatu jenis saklar yang banyak di pergunakan dalam rangkaian pengendali dan pengaturan.

dari kontruksinya,maka push button dibedakan menjadi beberapa tipe yaitu:
-tipe normaly open(NO)tombol ini disebut juga dengan tombol start karna kontak akan menutup bila ditekan dan kembali terbuka bila dilepaskan
-tipe normaly close(NC)tombol ini disebut juga dengan tombol stopkarna kontak akan membuka bila ditekan dan kembali tertutup bila dilepaskan.
           PERLENGKAPAN PENGENDALI MESIN LISTRIK.SAKLAR ELEKTRO MEKANIK
                                                     (KONTRAKTOR MAGNET)
                    Kontraktor magnet yaitu suatu alat penghubung listrik yang bekerja atas dasar magnet yang dapat menghubungkan antara sumber arus dengan muatan bila anti koil pada kontraktor diberikan arus maka koil akan menjadi magnet dan menarik kontak sehingga kontaknya menjadi terhubung dan dapat mengalirkan arus kontraktor.
           TORMAL OVERLOAD RELAY(TOR)/(OL).
                      IN adalah arus nominal yaitu arus yang diizinkan bekerja terus menerus dalam kondisi selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar