assalamualaikum

Selasa, 11 Oktober 2011

MIPLBB

                                                                              MIPLBB
2.DASAR TEORI.
2.1.KOMPONEN PANEL DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK.
               Panel distribusi tenaga listrik berfungsi sebagai sistem pendistribusian tenaga listrik yang dihasilkan oleh sumber PLN dan atau disel generator set distribusi terdiri dari berbagai peralatan listrik yang difabrikasi/ di instalasi menjadi rangkaian kontrol dan proteksi.
2.1.1.BOX PANEL/ALMARI PANEL.
                Rumah panel yaitu tempat/almari panel distribusi listrik yang didalamnya terpasang peralatan listrik, berdasarkan lokasi instalasi dan kondisi lingkungan sekitar,almari panel ini harus di desain agar dapat memberikan perlindungan IP(DIN 40 050,IEC PUBL.144)kode IP disertai dua angka,angka pertama menunjukkan perlindungan terhadap sentuan dan benda padat,angka kedua menunjukan perlindungan terhadap benda cair.
2.1.2.INDIKATOR DAN METERING.
                Pada panel dibutuhkan peralatan/instrumen yang di pasang untuk melakukan monitoring kelistrikan yang ada yaitu suatu panel distribusi listrik umumnya dipasang metering yang standart.
yaitu:Ampere meter,volt meter,kwh meter,frekwensi meter,chos phi meter,dan meter dan untuk panel generator set yang bekerja paralel digunakan zero volt meter,double volt meter dan syn kronoskop,dan juga dilengkapi dan indikator lampu(pilot lamp).
dalam pemasangan ampere,kwh meter,coz phi meter dibutuhkan currem transformator (CT) yang bekerja dengan perbandingan arus skunder 5A,untuk penggunaan volt meter digunakan VSS(volt selector switch) untuk mengatur pembacan sesuai kebutuhan (mis=phase-netral atau phase-pase).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar